life is beautiful

  • Betapa Indonesiaku Indah /
    30 Mar 2016

    Menjemput mimpi di Tanjung Bira

    Ada yang tau di mana itu Tanjung Bira? Yak betul… itu di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Buat yang belum tau, ga usah malu :p Saya juga dulu ngga tau kok. Sampe suatu saat di sekitar tahun 2010 saya melihat poto Pantai Tanjung Bira di sebuah situs internet ketika berselancar di dunia maya. Poto pantai yang sungguh cantik itulah yang membuat saya membatin “suatu saat saya harus mengunjungi pantai Tanjung Bira. Harus!!!” Benar kata orang-orang, ucapan adalah doa. Dan ucapan membatin bak mantra itu berulang kali saya ucapkan kepada teman-teman bahkan istri. Dan setelah kurang lebih 6 tahun saya berangan-angan untuk mendatangi Pantai Tanjung Bira, akhirnya awal Februari kemarin mimpi saya terwujud. Semua dimulai dari adanya maskapai penerbangan swasta yang membuka jalur pene
  • Betapa Indonesiaku Indah /
    5 Feb 2016

    Keliling Indonesia Dalam Sehari

    Gimana? Cukup bombastis ga tuh judul di atas?  :D Sebelum ada yang protes “mana mungkin, dep?”, saya akan menjelaskan bahwa judul di atas itu sangat mungkin dilakukan. Tapi bukan keliling Indonesia secara fisik/badan ngelilingin Indonesia dalam arti mendatangi Aceh sampe Papua. Yang saya maksud adalah keliling Indonesia dalam sehari yaitu mengenal adat, budaya Indonesia dari Aceh sampai Papua. Hal di atas sangat memungkinkan kalian lakukan jika kalian mengunjungi Taman Nusa di Gianyar, Bali. Jadi ceritanya akhir tahun kemarin saya bersama istri liburan ke Bali. Nah, karena terlalu sering liburan ke Bali *pasangmukasombong* biasanya saya mencari-cari objek wisata yang ngga terlalu mainstream.  Dari hasil pencarian di mbah gugel dan rekomendasi seorang kawan, akhirnya
  • Betapa Indonesiaku Indah /
    5 Oct 2015

    Jalan-jalan ke Museum Angkut, Batu - Malang

          Bagi banyak orang, berwisata ke Museum pasti rasanya kurang seru, akan membosankan, ngga mainstream. Tapi pandangan itu sepertinya akan berubah jika kita mengunjungi sebuah museum bernama Museum angkut. Museum Angkut ini berada di Kota Batu, Malang Propinsi Jawa Timur. Museum angkut adalah sebuah museum yang  mengusung tema transportasi. Jadi di Museum ini kita dapat belajar dan menyaksikan perjalanan sejarah transportasi dari moda transportasi tradisional sampai yang hi-tech. Dari transportasi yang menggunakan tenaga hewan, bahan bakar sampai listrik. Dari transportasi darat, laut sampai udara. Dari Asia, Amerika sampai Eropa. Komplit! Museum ini dibuka pertama kali pada tanggal 9 Maret 2014 dan di-klaim sebagai museum ber-tema transportasi pertama di Asia Teng
  • Betapa Indonesiaku Indah /
    16 Jun 2015

    one-night-trip to pergasingan hill

    Jadi ceritanya setahun belakangan ini di Lombok lagi booming satu lokasicamping, namanya Bukit Pergasingan. Efek sosmed yang membuat poto-poto keren dari Bukit Pergasingan ini bikin saya langsung kepincut untuk mendatanginya. Niat untuk kemping ke Bukit Pergasingan ini sebenarnya sudah cukup lama. Tapi karena selalu saja ada halangan jadinya selalu batal. Nah bulan lalu seorang sahabat mengajak saya untuk ke Bukit Pergasingan ini. Karena ajakannya tepat di hari libur dan saya punavailable tentu saja tawaran ini saya sambut dengan bahagia. Jumat siang saya dan istri berangkat menuju Sembalun. Sembalun adalah Desa di Kaki Gunung Rinjani. Berjarak tempuh kurang lebih 2,5 jam dari Kota Mataram. Jalurnya adalah Mataram-Narmada-Mantang-Kopang-Aikmel-Suella-Sembalun. Bukit Pergasingan ini
  • Betapa Indonesiaku Indah / me /
    30 Apr 2015

    hellolombokku

    Jangan tanya apa yang negara berikan kepadamu, tetapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu Quote di atas adalah terjemahan dari kutipan terkenal seorang John F. Kenedy. Dalam skala kecil kutipan tersebut nyangkut di kepala saya. Sejak merantau pertama kali empat belas tahun lalu di Lombok, saya selalu bertanya kepada Tuhan apa tujuan saya “dikirim” jauh-jauh meninggalkan keluarga ke sebuah pulau di mana saya tak mempunyai siapapun. Yeap, tak terasa sudah empat belas tahun saya merantau di Lombok. Jawaban pertanyaan itu sendiri sampai sekarangpun tak pernah saya ketahui. Namun saya selalu mencoba percaya Tuhan mempunyai sebuah rencana dan “misi” indah untuk saya. Lalu apa hubungannya dengan kutipan JFK tadi? Seperti saya bilang tadi kalau dalam sk
  • omah kayu / Betapa Indonesiaku Indah /
    15 Apr 2015

    menantang adrenalin di omah kayu

    Jujur saya ini orangnya takut sama ketinggian makanya saya memilih istri yang tak lebih tinggi dari saya :P Kalau menaiki sesuatu bangunan or pohon yang tinggi biasanya saya hanya bersemangat ketika naiknya saja, begitu sampai atas telapak tangan dan telapak kaki langsung berkeringat dingin. Parno gitu deh :D Tapi walau begitu, saya juga orang yang kadang suka menantang diri saya sendiri. Karena saya tau saya takut akan ketinggian, terkadang saya mencoba menaklukkan ketakutan saya itu. Caranya? Ya berdiri atau memanjat bangunan yang tinggi itu. Seperti beberapa waktu yang lalu ketika saya dan istri berlibur ke malang. Salah satu tempat wisata yang saya kunjungi ketika #eksploremalang adalah omah kayu. Omah kayu adalah sebuah objek wisata yang berada di Gunung Banyak, Kota Wisata Batu. K
  • Betapa Indonesiaku Indah /
    14 Apr 2015

    berburu sunrise di bromo

    Sebagai orang yang suka jalan-jalan, saya mempunyai satu wishlist traveling alias daftar tujuan wisata yang berisi destinasi-destinasi yang akan menjadi prioritas jalan-jalan saya. Dan wishlist traveling ini ngga muluk-muluk, karena isinya “cuma” destinasi wisata di dalam negeri. Indonesia dan keindahan alamnya membuat saya bercita-cita keliling Indonesia :D Nah, kalau tahun kemarin, salah satu wishlist traveling saya terpenuhi ketika akhirnya saya mendaki rinjani, maka tahun ini satu lagi destinasi dari wishlist traveling itu bisa saya coret “checked” ketika akhirnya saya ke Bromo. Jadi, awal bulan april kemarin saya berkesempatan ke Bromo dan asoy-nya lagi itu dibiayain kantor. Jalan-jalan “berkedok” dinas emang paling juara kan? Ada temen yang me
  • Betapa Indonesiaku Indah / lombok itu indah /
    20 Mar 2015

    datang, selfie, nyampah, pulang

    Belakangan ini di Pulau Lombok sedang ngetren sebuah hobi. NO!! bukan batu akik dan sejenisnya itu. Tapi hobi blusukan. Bukan blusukan ala pejabat atau dewan itu, tetapi blusukan yang dalam bahasa lokal/sasak istilahnya begerusuk yaitu ke lokasi-lokasi indah di pelosok Pulau Lombok yang masih perawan dan sulit dijangkau karena akses dan infrastruktur yang masih memprihatinkan. Tua, muda, perempuan, juga laki-laki seperti berlomba-lomba untuk mencapai spot-spot keren itu. Fyi, memang di Pulau Lombok ada buanyakkkk sekali spot-spot keren nan perawan (baca : belum terjamah) mulai dari pantai, gili (pulau kecil) dan air terjun. Imbas dari dunia sosial media juga memegang peranan penting atas hobi begerusuk ini. Ketika ada sejumlah orang menemukan spot baru misalnya pantai yang tadinya belum