Ini dia “Omah Kayu”-nya Lombok

3 Oct 2017

 *plank omah kayu di Batu Malang

Beberapa tahun yang lalu ketika mengunjungi Kota Batu di Malang, Jawa Timur saya berkesempatan berwisata ke sebuah spot wisata keren. Namanya Omah Kayu. Omah kayu itu ya rumah kayu yang dibangun di atas pohon gitu. Postingan lengkap soal Omah Kayu ada di sini.

Sepulang dari Omah Kayu saya sempat membatin, masa iya di Lombok gak ada yang bisa menciptakan destinasi wisata serupa? Toh banyak sekali tempat di Lombok yang rasanya mirip dengan lokasi wisata Omah Kayu di Gunung Banyak, Batu. Yang kepikiran di benak saya saat itu adalah daerah Sembalun atau Pusuk Lombok Barat. Kedua daerah itu memiliki karakter kontur tanah dan pemandangan yang agak mirip. Tapi itu pemikiran sotoy saya aja sih.

Sampai saat setahun yang lalu ketika berselancar di media sosial instagram saya melihat postingan foto yang mengingatkan saya akan Omah Kayu di Batu. Namanya Rumah pohon Murmas. Jelas saja postingan ini membuat saya penasaran untuk membuktikan dengan mata kepala sendiri. Tetapi baru sebulan yang lalu akhirnya saya berkesempatan mengunjungi Rumah pohon Murmas.

view from rumah pohon murmas

Rumah pohon Murmas berlokasi di Dusun Gangga, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Dari pusat kota Tanjung (Lombok Utara) dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit sedangkan dari pusat Kota Mataram - NTB dibutuhkan waktu 1,5-2jam dengan berkendara.

Konsep Rumah pohon Murmas ini kurang lebih sama dengan Omah Kayu di Batu Malang. Rumah pohon dan spot foto yang dipadukan dengan keindahan alam pedesaan Gangga sebagai background. Oh iya, kelebihan lainnya dari Rumah Pohon Murmas jika dibandingkan dengan Omah Kayu di Batu, di Murmas ini banyak terdapat mural tulisan-tulisan unik yang mengundang senyum. Poto-poto di bawah ini contohnya.

Dan setelah berkunjung ke Rumah Pohon Murmas ini saya akhirnya tahu bahwa rupanya posisi Rumah Pohon Murmas ini tepat berada di atas air terjun Gangga. Untuk informasi tambahan, HTM (harga tiket masuk) ke sini hanya Rp 5000/orang dan itu udah termasuk harga tiket parkir motor. Untuk wisata dengan view seindah ini, rasanya harga tiket masuk ini sangatlah murah.

narsis di rumah pohon murmas

Saya cukup salut dengan pengelolaan Rumah Pohon Murmas ini, selain bersih, sarana toilet juga cukup terawat. DI samping itu, jika pengunjung tidak membawa tongkat swafoto (selfie stick) dan membutuhkan bantuan untuk dijepretin, maka para pemuda yang mengelola di sana sangat dapat diandalkan. Mereka juga dengan ramah dan senang hati untuk menunjukkan spot foto terbaik dan best-angle sekaligus. Jika pengunjung ingin makan ataupun ngemil, tersedia warung-warung yang siap sedia melayani. Mantaplah!

Pokoknya jika kalian sedang berwisata ke Lombok, Rumah Pohon Murmas ini sangat layak untuk menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Apalagi lokasinya searah jika wisatawan dari Mataram yang ingin ke Air terjun Tiu Kelep Senaru, bisa mampir ketika menuju atau saat jalan pulang kembali ke Mataram.

Last but not least, selalu berhati-hatilah ketika mengambil foto.

Safety first and dont litter. Keep Lombok clean, guys.

 

 

 

 

 


TAGS omah kayu lombok rumah pohon lombok wisata lombok utara wisata lombok keliling lombok


-

Author

kadang jadi anak gunung, kadang jadi anak pantai... mensyukuri hidup dengan menikmatinya, menikmati hidup dengan mensyukurinya.

Follow Me