life is beautiful

bukit batu idung, spot keren untuk menikmati senja

13 Jul 2016 - 09:52 WIB

Whoaaa….

Rasanya udah bertahun-tahun ngga posting cerita jalan-jalan exploring Lombok di blog ini :D

Kangen juga rupanya bikin orang iri :))

So, kali ini saya memutuskan untuk nulis cerita pengalaman jalan-jalan menyusuri spot keren di Lombok.

Sore itu hari ketiga setelah Lebaran, saya yang udah mulai bosan liburan cuma di rumah dan kaki yang mulai gatal untuk keluyuran lagi, memutuskan untuk keluar rumah dan mencari tempat untuk menikmati senja. Pikiran saya tertuju kepada sebuah bukit yang lagi booming -khususnya di kalangan pengguna media sosial seperti instagram, facebook dan twitter- saat ini. 

Namanya Bukit Batu Idung. Berlokasi di Dusun Gerebegan, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini kurang lebih berjarak +-20 km atau waktu tempuh +-30 menit saja dari pusat Kota Mataram.

Bertiga bersama partner hidup dan seorang teman, kami tiba di Dusun Gerebegan dan langsung memarkir kendaraan kami di depan gang masuk ke Bukit Batu Idung. Karena kami menggunakan mobil, kami terpaksa menitipkan mobil di depan rumah warga. Hal ini disebabkan jalan mendaki yang cukup curam menuju atas bukit. Seandainya saja kami menggunakan motor, pasti kami bisa lebih dekat ke puncak bukit. 

Ya sudah, artinya kami harus sedikit memeras keringat dengan soft-tracking.

Karena sudut kemiringan jalan yang cukup terjal (+- 60 derajat) maka perjalanan soft-tracking ini cukup menguras tenaga. Syukurnya adalah trek jalan dari cor-coran semen ini cukup baik dan perjalanan ini hanya sebentar. Tak kurang dari 30 menit kami sudah berada di depan Pintu gerbang memasuki Puncak Bukit Batu Idung.

Sebuah papan bertuliskan “Selamat datang di Kawasan Wisata Batu Idung” menyambut kami.

Setelah melewati papan itu, kami ternyata harus kembali mendaki sebuah jalan tanah yang juga tak begitu ringan. Namun, kelelahan kami sedikit terdistraksi oleh keindahan alam di sisi kiri kami yang mulai tampak.

Yeap, di sisi kiri kami sudah mulai dapat melihat garis horison di kejauhan.

Setelah menyusuri tanjakan tanah dan agak berbatu, kami tiba di puncak Bukit Batu hidung.

View-nya amazing!!! 

Di sebelah kiri kami terhampar keindahan pesisir pantai di Lembar sampai Sekotong, di sebelah kanan tampak kota Mataram dan di tengah-tengah nampak sunset yang begitu indahnya berlatar siluet Gunung Agung di Pulau Bali. Belum lagi hamparan persawahan hijau bak permadani alam yang berada persis di bawah kami. 

*view lembar dan sekotong*

 

*view kota mataram dari kejauhan*

*view persawahan*

Kami cukup beruntung, karena walaupun sore itu sempat turun hujan sebentar, tapi matahari senja kembali menampakkan sinarnya dan yang juga hal yang kami syukuri adalah pengunjung saat itu tidak terlalu banyak. So, kami bisa puas berfoto di atas batu besar yang menjadi spot wajib berfoto itu. Haha.

Tempat ini cukup bersih dan asiknya lagi, ada sebuah warung penduduk yang berjualan makanan kecil dan minuman. Ditambah lagi terdapat sebuah berugak (pendopo) untuk leyeh-leyeh bagi pengunjung. Keren!

Sambil menanti sempurnanya sunset, kami bertiga memesan teh hangat sambil menikmati camilan ringan.

*lets talk*

Ngomong-ngomong soal asal nama batu idung, menurut info yang saya dapatkan, batu besar yang menjadi spot sejuta umat itu konon berbentuk seperti hidung. Thats why dinamakan bukit batu idung. Hmm~

Sore yang luar biasa.

Menikmati senja nan indah di sebuah tempat mempesona bersama orang-orang yang dikasihi.

Sempurna :) 

Buat saya, spot ini sangat recommended untuk dikunjungi karena view yang ditawarkan sangat cantik, akses menuju lokasi juga cukup baik, dan tidak jauh dari kota.

It will be a simple and unforgetable getaway if u visit bukit batu idung.

Yuk! buktikan sendiri. :D

 

  


TAGS   bukit batu idung / wisata lombok barat / wisata bukit batu idung / spot wajib kunjung / objek wisata di Lombok /