life is beautiful

School review : Sekolah Nusa Alam - Lombok

31 Mar 2016 - 21:11 WIB

Jadi, seperti yang saya tuliskan di postingan ini kalau hari sabtu kemarin, blogger-blogger Lombok mengadakan Writing Workshop bersama mbak @salsabeela dan acaranya sendiri dihelat di salah satu ruangan di Sekolah Nusa Alam.

Nah, setelah workshop itu saya sempat berkeliling Sekolah Nusa Alam (SNA) dan rupanya sekolah ini sangat menarik buat saya. Itu sebabnya saya ingin berbagi tentang SNA di blog ini.

Sekolah yang berdiri pada 17 Januari 2000 ini adalah sebuah sekolah yang terakreditasi secara nasional dan juga oleh Cambridge International Examinations. So, SNA berstatus SPK (Satuan Pendidikan Kerja Sama), yakni sekolah yang didirikan di Indonesia dengan izin menyelenggarakan program nasional sekaligus internasional di satu lokasi dan pada periode waktu yang sama, diajarkan oleh guru Indonesia dan guru asing.

Ada beberapa hal menarik dari sekolah ini yang buat saya cukup unik, seperti jumlah siswa dalam satu kelas tidak lebih dari 20. Di SD, guru yang mendampingi siswa dalam satu kelas adalah 1 orang wali kelas dan 1 orang ekspatriat. Di jenjang sekolah menengah, masing-masing kelas memiliki 1 wali kelas yaitu ekspatriat. Tidak seperti sekolah umumnya dimana muridnya “umplek-umplekan” di dalam kelas sehingga murid dan guru tidak maksimal dalam kegiatan belajar mengajar.

Lalu, bahasa pengantar dalam pembelajaran dan komunikasi adalah Bahasa Inggris. Namun juga untuk memenuhi persyaratan program nasional, beberapa mata pelajaran kurikulum nasional tetap diajarkan dalam Bahasa Indonesia. Kegiatan belajar mengajarnya pun tidak selalu bersifat formil, terkadang kegiatan belajar dilakukan di “berugaq” ataupun di outdoor. Satu lagi, SNA memiliki program fruit-time dimana setiap pukul 10.00 setiap siswa diberikan buah-buahan sebagai penambah nutrisi. Unik ya :D

Bicara soal fasilitas, SNA memiliki fasilitas yang oke banget yaitu perpustakaan, free-wifi, computers lab, sports hall,  lcd projectors di setiap kelas, lapangan olahraga, UKS, playground/taman bermain dan fasilitas beribadah seperti musholla. Extrakurikulernya pun bervariasi dari olahraga(sepakbola, cricket, basket dll), musik, pramuka, seni, dll. Yang ngga kalah penting juga adalah keamanan murid-murid di area sekolah yang terjaga, karena setiap saat ada guru yang in-charge duty untuk mengawasi siswa di luar kelas.

Oh iya, SNA sendiri menerima murid dari level PAUD, TK, SD, SMP sampai SMA juga lohh… Jadi pendidikan yang diterima murid-murid dapat kontinyu. Ngga heran kalau alumni/lulusan SNA ini sangat berkualitas dan kompetitif di bidang pendidikan.

Buat kalian yang berminat pengen tau mengenai Sekolah Nusa Alam atau pengen mendaftarkan anak/saudaranya, bisa langsung kepoin webnya langsung -> http://nusaalam.sch.id/nusaalam/

Alamat sekolahnya sendiri ada di Jalan Pantai Meninting Batu Layar.

 

 


TAGS   sekolah nusa alam; sekolah nusa alam lombok / sekolah nusa alam / sekolah nusa alam lombok / sekolah bagus di lombok / recommended school in lombok /