life is beautiful

Keliling Indonesia Dalam Sehari

5 Feb 2016 - 21:04 WIB

Gimana?

Cukup bombastis ga tuh judul di atas?  :D

Sebelum ada yang protes “mana mungkin, dep?”, saya akan menjelaskan bahwa judul di atas itu sangat mungkin dilakukan. Tapi bukan keliling Indonesia secara fisik/badan ngelilingin Indonesia dalam arti mendatangi Aceh sampe Papua.

Yang saya maksud adalah keliling Indonesia dalam sehari yaitu mengenal adat, budaya Indonesia dari Aceh sampai Papua. Hal di atas sangat memungkinkan kalian lakukan jika kalian mengunjungi Taman Nusa di Gianyar, Bali.

Jadi ceritanya akhir tahun kemarin saya bersama istri liburan ke Bali. Nah, karena terlalu sering liburan ke Bali *pasangmukasombong* biasanya saya mencari-cari objek wisata yang ngga terlalu mainstream. 

Dari hasil pencarian di mbah gugel dan rekomendasi seorang kawan, akhirnya saya memutuskan harus mengunjungi Taman Nusa ini.

Jadi Taman Nusa ini adalah sebuah Objek wisata yang berada di Desa Sidan Gianyar yang konsepnya cukup mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah di pinggiran Jakarta. Berdiri di atas lahan 15 hektar, tempat ini memiliki sekitar 60 rumah adat dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.

Dengan harga tiket masuk Rp 85.000/orang kita akan serasa keliling Indonesia beneran.

Setelah membayar tiket masuk, petualangan kita akan dimulai dari ruang Intruduction. Introduction ini berisi benda-benda yang menjadi icon budaya Indonesia seperti peta nusantara, barong, perahu phinisi, kain, songket, kuda lumping, patung asmat dan masih banyak lagi.

Setelah sebuah tangga menurun akan menuntun kita menyusuri sebentuk goa prasejarah. Kemudian setelah itu sebuah miniatur candi borobudur yang sungguh sangat mirip dengan candi borobudur yang berada di Magelang. Jika kalian cukup pintar untuk mengambil angle foto maka orang bisa saja tertipu dan mengira kalau kalian benar-benar berpose di Candi Borobudur beneran :D

Lanjuttt…

Perjalanan akan menuntun kita kepada deretan rumah-rumah adat. Dan rumah adat Papua akan mengawalinya.

Rumah adat/tradisional Papua ini bernama honai. Kenapa saya bisa tau? Ya karena di dinding setiap rumah adatnya ada informasi lengkap mengenai nama rumah adat, sejarah, bahasa, suku, pakaian adat, makanan khas dan tradisi. Sungguh informatif.

Dari Indonesia bagian timur rumah-rumah adat ini berjejer berdampingan berurutan lengkap sampai rumah adat Indonesia bagian barat (aceh).

Jika anda memiliki fisik yang kuat, tentunya setiap rumah adat akan sangat membuat penasaran untuk dihampiri.

Tapi sayangnya ketika kami berkunjung kemarin, sempat turun hujan. Jadinyan ada beberapa rumah adat yang terlewatkan.

Dari semua rumah adat yang saya hampiri, yang paling-paling-paling menarik menurut saya adalah selain rumah adat papua tadi, yaitu rumah adat batak, rumah adat nias (lengkap dengan replika batu loncatnya), juga rumah adat dayak dan rumah adat minangkabau.

Rumah adat Papua karena di sana terdapat orang papuanya langsung, Rumah adat batak ya tentunya karena saya bersuku Batak :p

Sedangkan rumah adat dayak karena ketika melewatinya terdapat orang dayak yang sedang bermain alat musik sampek’. Dan terakhir rumah adat minang karena dari info yang diberikan petugas yang berjaga, rumah gadang yang ada di Taman Nusa ini sudah berusia ratusan tahun dan dibawa langsung dari Sumatera Barat.

Tak hanya aksesoris dan ornamennya, di beberapa rumah juga ada pemain musik seperti rumah adat dayak tadi, di rumah gadang kita bisa menyaksikan gadis-gadis menghibur dengan tari piring, di rumah adat jawa barat kita bisa bermain angklung atau bermain wayang golek di sawung. Bahkan kita dapat belajar memintal/menenun di rumah adat jawa timur. Pokoknya benar-benar komplit!

Di bagian ujung sebelum mengakhiri perjalanan kita dapat melihat patung sang proklamator Sukarno-Hatta dan sebuah museum yang berisi wayang, topeng, kain, baju adat, alat musik khas sampai ukiran/kerajinan.

Oh iya, terdapat  juga sebuah ruangan yang menjajakan souvenir bagi para pengunjung.

Bagi kalian yang kelelahan dan tak membawa bekal, jangan khawatir sangat mudah menemukan warung penjual makanan atau soft drink di sudut-sudut. Oh iya, fasilitas kece dari Taman nusa ini salah satunya adalah adanya shuttle golf-car yang berkeliling siap menjemput pengunjung yang kecapekan dan mengantar kembali ke lobby utama.

***

Pokoknya Taman Nusa ini sangat keren menurut saya. Karena dengan zaman globalisasi seperti sekarang ini jangan sampai kita melupakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan dan atau tradisi.

Sangat recommended banget untuk wisata keluarga pokoknya. Mengenal budaya Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur cuma dalam sehari dan mureeeeehhh bokkkk :D

***

penasaran sama lokasi tepatnya?

klik aja link ini

kepoin aja web resminya di sini

or fbnya : Taman Nusa

:)


TAGS   taman nusa / taman nusa gianyar / wisata bali / wisata wjib di bali / wisata gianyar / bali /