life is beautiful

Ada “air terjun” di Pantai Nambung

5 May 2014 - 08:10 WIB

Lombok memang gak ade matinye…

Ungkapan tersebut rasanya ngga berlebihan. Gimana ngga, spot-spot indah di Pulau Lombok ini seperti tidak habis-habisnya untuk dijelajahi. Tak ada yang bisa menjawab pertanyaan “berapa lama waktu untuk menjelajahi semua sudut indah Lombok?”. Seorang kawan yang merantau dan hobi berpetualang, telah hidup kurang lebih 14 tahun di Lombok, tapi masih saja sering mengeluh “waduh, saya belum ke pantai ini, ke air terjun A dll..”

Sejak era sosmed ini, semua spot indah banyak yang semakin terekspos. Dari yang tadinya tidak dikenal, kini semakin dikenal dan menjadi buah bibir.

Pantai Pink Tangsi, Pantai Tanjung Bloam, Gili kedis, Batu Payung, terakhir Pantai Semeti adalah beberapa contoh dimana sosmed menjadi senjata ampuh untuk mempopulerkan sebuah lokasi wisata.

Beberapa minggu terakhir, dunia sosmed khususnya, lagi-lagi dihebohkan oleh Pantai Nambung. “Penampakan” Pantai Nambung yang membuat heboh adalah gugusan batu karang raksasa yang dihantam ombak besar dan buih ombak yang mengalir jatuh melalui dinding sisi karang raksasa tersebut seperti membentuk sebuah air terjun. Unik!

Pantai Nambung sendiri berada di Pengantap, Sekotong Lombok Barat.

Jika berkendara, untuk sampai ke Pantai Nambung dibutuhkan kurang lebih 2 jam dari Mataram dengan melewati jalur Mataram - Gerung - Pertigaan Lembar ke kiri - Teluk Sepi - Pengantap. Jangan khawatir akan akses jalan karena semua jalan yang dilalui adalah aspal hotmix.

Sesampai di Pantai Nambung, kita dapat menitipkan kendaraan di rumah-rumnambungah penduduk. Belakangan, masyarakat sekitar sudah menyiapkan lokasi parkir yang aman.

Dari lokasi parkir kita harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyisir sisi garis pantai ke arah bukit di sebelah kiri pantai Nambung. Tantangan terberat yang akan sangat menguras fisik adalah ketika melewati pasir-pasir seperti butiran merica, yang mengingatkan kita akan pasir pantai Tanjung Aan, dan melewati sisi bukit dimana kita harus berhati-hati melangkah diatas batu-batu karang. Kurang lebih 45 menit berjalan kaki dari lokasi parkir untuk sampai ke spot “waterfall” nambung.

Beberapa catatan yang harus diperhatikan :

  • Bawalah barang seperlunya agar beban yang dibawa tidak terlalu berat
  • Siapkan fisik yang fit
  • Sebelum menuju lokasi, cobalah untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat. selain untuk menghargai tuan rumah juga untuk menanyakan kondisi ombak apakah cukup aman untuk dilalui
  • Jika ombak terlalu tinggi, jangan memaksakan diri. Lebih baik menunggu sampai ombak surut karena akan sangat berbahaya.
  • Jika sudah sampai di spot “waterfall”, berhati-hatilah akan ombak dan selalu siaga akan ombak, karena jika ombak tiba- tiba tinggi, maka kita akan terjebak tidak bisa kembali (harus menunggu sampai ombak surut untuk bisa kembali pulang)
  • Bungkuslah barang elektronik seperti gadget, kamera dengan bahan anti air
  • Tetap menjaga kebersihan dengan tidak sembarangan membuang sampah

berikut direction menuju Pantai Nambung

peta-nambung

*klik pada gambar untuk memperbesar*

penampakan pantai nambung (panorama top view, dll)

kolase nambung

*klik pada gambar untuk memperbesar*

video -> klik disini

Lombok itu indah kan? :)


TAGS   lombok barat / wisata lombok barat / pantai nambung / pantai indah di lombok / pantai wajib kunjung di lombok /