life is beautiful

Tanjung Bloam - Surga Tersembunyi di Selatan Lombok

7 Sep 2011 - 12:17 WIB

+ jadi libur panjang besok jalan kemana lg depz?
- ya keliling lombok
+ kemana? emang masih ada spot di lombok yang belon lo datengin?
- buanyak tauuuuuuuuu

***

itu sebaris obrolan singkat saya dan seorang teman sebelum memasuki libur panjang.
saya bertekad mendatangi sebuah pantai atau tepatnya tanjung bernama bloam. awalnya saya hanya mengetahui tanjung bloam dari sebuah foto berikut ini ketika gugling.

tanjung bloam

tanjung bloam

*klik pada gambar untuk memperbesar gambar*

agak terkejut dan langsung penasaran karna hampir sepuluh tahun hidup di Lombok kok baru tau di Lombok ada spot indah seperti itu. akhirnya dengan rasa super ingin tahu mencari info kesana kemari, semua temen ditanyain. ternyata banyak yang malah baru denger seperti halnya saya. tapi akhirnya ada juga teman yang tau lokasinya.

itulah kenapa libur panjang lebaran kemarin menjadi target untuk “menemukan” lokasi tersebut.

bersama teman-teman yang menggemari fotografi (ga cocok dibilang fotografer karena kami hanya tukang jepret amatir yang menyalurkan hobi) kami berangkat ber-8 dengan menggunakan kendaraan avanza. rupanya lokasinya tak jauh dari Tanjung Ringgit yang kami kunjungi persis sehabis lebaran tahun lalu.

hmm…. satu tahun berlalu dan tak ada kemajuan infrastruktur.

menempuh 1 jam terakhir perjalanan(total perjalanan dari kota mataram 2,5 jam), jalur yang kami tempuh adalah jalan yang belum diaspal yang berdebu dan berkerikil tajam. padahal seandainya sudah diaspal rapih dapat kami tempuh hanya dengan +- 15 menit. who’s to blame? pemda dan dinas pariwisata sepertinya harus bertanggung jawab.

sekedar gambaran, daerah selatan ini adalah daerah yang tandus dan sulit untuk mendapatkan air. tak seperti di belahan pulau lombok lainnya yang hijau, segar dan berkelimpahan air. jadi disepanjang perjalanan akhir, di kanan kiri kami hanya ada pepohonan tanpa daun yang kecoklatan dan hidup diatas tanah gersang dan panas. ahh…untungnya kendaraan kami ber-ac.

kira-kira kurang lebih 5 menit sebelum sampai di tanjung ringgit, kendaraan berbelok ke arah kanan ke sebuah jalan kecil yang hanya cukup dilalui 1 kendaraan saja. oiya, berkendara pun harus hati-hati karena jalan yang sempit dan kanan kiri dipenuhi ranting-ranting tajam yang dapat menggores cat kendaraan. kendaraan kami berjalan sangat pelan agar mobil terlindungi. sekitar 500m dari tikungan tadi kami pun tiba dan 1 berugak (semacam pendopo kecil) menyambut kami. dan pendopo tersebut menghadap pada sebuah pantai yang luar biasa indahnya.

saking indahnya kami semua berhamburan keluar demi menyaksikan pantai dengan pasir putih yang bersih dan warna air yang bergradasi hijau, biru dan putih tersebut. saat itu matahari sangat terik menyengat tapi siapa yang peduli ketika disuguhi keindahan seperti berikut ini….

taraaaaa……..

panorama tanjung bloam

panorama tanjung bloam

*klik pada gambar untuk memperbesar gambar*

lagi?

white sands

white sands

*klik pada gambar untuk memperbesar gambar*

untungnya disana signal di hape masih lumayan walo ngga stabil, jadi bisa langsung livetweet dewh :D

pantai ini secara geografis berada pada bagian selatan pulau lombok walau secara pemerintahan masuk ke lombok timur. beberapa catatan jika ingin berkunjung ke pantai ini, bawalah bekal karena tak akan ditemui pedagang makanan/minuman di tanjung bloam. tak ada kendaraan umum yang dapat mengantarkan anda ke tempat ini kecuali rent car atau motor. jika ingin menginap di hotel terdekat bisa didapat di daerah praya (lombok tengah) atau selong (lombok timur) yang berjarak tempuh 1 jam dari tanjung bloam ini. dan terakhir, andalkan guide atau rajinlah bertanya karena tak ada tanda/marka penunjuk jalan untuk sampai ke lokasi ini. *sigh*

poto-poto yang lebih menggiurkan ada –> disini

ahh Lombok tak pernah berhenti memanjakan saya dengan pesonanya.

i love lombok :)


TAGS   pantai surga / pantai lombok / tanjung ringgit / pantai indah di lombok / pantai di lombok timur / pantai di jerowaru / tanjung bloam /