life is beautiful

Pesona Gili Nanggu - Lombok

25 Nov 2010 - 15:07 WIB

Siapa yang tak kenal Gili Trawangan?

Gili yang kesohor sebagai salah satu tujuan wisata internasional.

Gili Trawangan yang ber-jiran dengan dua “saudara gili”nya yang lain yaitu Gili Meno dan Gili Air. Ketiga Gili ini berada di sebelah barat laut Pulau Lombok.

Gili itu sendiri berarti Pulau kecil.

Dan pulau Lombok sendiri tersebar banyak Gili.

Selain ketiga Gili diatas, kali ini aku ingin menceritakan keindahan Gili lainnya. Namanya Gili Nanggu.

gili nanggu

gili nanggu

Gili Nanggu berada di sebelah barat daya Pulau Lombok. Pulau kecil yang dapat dikelilingi dengan berjalan kaki selama kurang dari satu jam saja. Luas Pulaunya sekitar 12,5 Hektar saja. Kelebihan dari pulau ini adalah airnya yang bening dan bergradasi biru, hijau dan putih. Belum lagi hamparan pasir halus berwarna putih yang mempesona, rerimbunan pohon kelapa dan cemara yang memberikan kesejukan.

Beberapa Gili di sekitar Gili Nanggu seperti Gili Kedis, Gili Sudak yang hanya berjarak tak lebih dari 1 km menambah keindahan panorama yang dapat dilihat dari Gili Nanggu.

Masih kurang? untuk yang suka wisata bawah laut, snorkeling adalah pilihan terbaik. Dengan hanya berenang +- 20m dari garis pantai, maka kita sudah bisa menikmati ikan-ikan indah yang bermain2 disekitar tubuh kita. Cukup “memancing” dengan memberikan remah-remah roti, maka ikan-ikan dengan warna warni indah akan menghampiri.

i love the blue of Indonesia

i love the blue of Indonesia

Memang terumbu karangnya ngga sekeren di Gili Trawangan apalagi di Kepulauan Karimun Jawa, tapi snorkeling dengan ikan-ikan berwarna-warni di sekeliling badan kita adalah sebuah pengalaman yang luar biasa.

indahnya gili nanggu

indahnya gili nanggu

Gili Nanggu tak seramai Gili Trawangan, Meno dan Air. Karena tidak terdapat pemukiman penduduk, tak ada warung, cafe-cafe ataupun tempat hiburan. Hanya terdapat satu penginapan yang cukup representatif untuk mereka yang ingin bermalam.

Untuk tiba di Gili Nanggu, kita harus menyeberang 25 menit dengan boat kecil yang menampung maksimal 6-7 penumpang. Sewa boatnya sendiri 200ribu, dan itu pulang pergi. Jadi, bila kita datang pagi maka boat akan menunggu sampai kita ingin pulang kembali ke Lombok.

Sedangkan dari Bandara Selaparang (Kota Mataram) dibutuhkan waktu satu jam untuk menuju ke Tawun yaitu lokasi penyeberangan ke Gili Nanggu. Oh iya, lebih mudah untuk menyewa motor atau mobil sebagai transportasi daripada mengharapkan kendaraan umum untuk mengantarkan.

Lombok memang menyimpan banyak sekali pesona.

Enjoy Lombok.

-depz-

nb : album lengkap poto ada disini


TAGS   Gili Trawangan / Gili di Lombok / Wisata ke Gili / gili-gili di Lombok / objek wisata di Lombok / Gili Nanggu /