life is beautiful

Gili Trawangan

6 Jan 2009 - 09:15 WIB

wahh.. dah lama juga ga promosi tentang pariwisata Lombok nulis tentang hasil jalan-jalan. Sebenernya ini hasil jalan-jalan beberapa waktu yang lalu. Perjalanan wisata ke sebuah pulau kecil disebelah barat Pulau Lombok. Namanya Pulau Gili Trawangan. Sebenarnya terdapat 3 buah pulau kecil yang berdekatan, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tetapi Gili Trawangan adalah Gili (Gili artinya Pulau) yang paling ramai penduduk dan pengunjungnya serta berukuran paling besar (panjang 3km dan lebar 2km).

3 gilis

Untuk mencapai Gili trawangan kita harus menyeberang dari dermaga Bangsal. Bangsal sendiri berjarak tempuh kurang lebih 1 jam dari bandara atau kota Mataram. Dan untuk sampai ke Bangsal dapat menggunakan public transport dari Mataram. Sesampainya di Bangsal cukup membeli tiket public boat @ 10ribu Rupiah. Boat sendiri akan berangkat setelah penumpang mencukupi jumlah minimal yaitu 22 orang. Jadi, harus sedikit bersabar menunggu sampai jumlah penumpang boat tersebut memenuhi kuota tersebut. Perjalanan menyeberangi sampai ke Gili Trawangan tidak begitu lama. Kurang lebih 30 menitboat sudah bersandar di Pasir putih Gili Trawangan yang eksotis ini.

Welcome to like-heaven-island

boat @ GT

Sesampainya di Trawangan, kita mempunyai banyak pilihan. Yang berencana untuk menginap dapat langsung check-in di hotel yang cukup mewah, atau homestay yang harganya cukup bersahabat. Tak perlu khawatir karena begitu banyak pilihan homestay di Pulau ini. Satu lagi, tips untuk memilih homestay, pilihlah lokasi yang tidak begitu jauh dari dermaga. Karena demi kemdahan kemana-mana.

Untuk yang hanya berencana one-day-trip, anda juga tinggal memilih kemana tujuan anda. Anda dapat berkeliling pulau ini dengan menggunakan cidomo (sejenis andong) , atau menyewa sepeda kayuh. Oh iya, anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor di pulau ini karena kendaraan bermotor tidak diizinkan masuk pulau ini. Mengelilingi Pulau Gili Trawangan ini hanya membutuhkan waktu 1 jam menggunakan cidomo dan kurang 2 jam menggunakan sepeda.

Untuk yang merasa lapar, terdapat deretan resto, cafe, deli hingga warung makan. Tapi untuk yang ngga sabar pengen bermain air bisa langsung menuju bagian utara Trawangan. Anda dapat ber snorkling-ria, sekedar berenang atau hanya bermain-main dengan pasir atau pula hanya menikmati “sumur” alias susu berjemur hehehe….. Buat yang ingin diving, juga tersedia penyewaan alat diving lengkap dengan instruktur buat para pemula. Disamping snorkling dandiving, anda juga dapat menikmati alam bawah laut Trawangan dengan menggunakan glass bottom boat, yaitu boat yang bagian bawahnya terbuat dari kaca sehingga kita dapat menyaksikan ikan-ikan cantik dan penyu laut raksasa serta terumbu karang alami yang sangat menawan. Pilihan lain adalah bermain kano.

GT1 GTs Beach

snorkling kanoing

sumur :D sunrise @ GT

2 gili lain dilihat dari GT nice

gunung rinjani (lombok) dari GT boats @ GT

salah1 homestay unik

Kalo mau nginep misalkan semalem aja sih (which is paling ideal menurutku), jadwal paling asyik dateng siang trs check in, trs bermain d pantai sampe sore trus mlmnya makan di resto/cafe/deli dengan suasana romantis dipinggir pantai trus bisa k cafe denger life music, or yang mau nonton film ada juga movie box or free mini teater en buat yg demen dugem juga ada kok :D coz hampir tiap malam ada party gitu deh. En paginya liat sunrise yang muncul dari balik rinjani yang menjulang itu. Trus juga kalo bisa nyebrangnya jangan sore-sore. Coz semakin sore ombak semakin besar, kalo ga terbiasa bisa mabok laut :D en juga boat terakhir jam 4 an sore.

Juz come to trawangan en

I bet, it wud be a perfect trip for u :)


TAGS   Gili Trawangan / Gili / Jelajah Wisata / Tiga Gili / Gili di Lombok / Wisata ke Gili / Objek Wisata Lombok / Objek Wisata Mataram /