life is beautiful

Kuta Lombok

22 Sep 2008 - 12:14 WIB

Hah??? Kuta Lombok??

“Ahh ikut2an lo dep”, “ngarang kan lo dep”, “hahhahhaa……bisa aja lo”

begitu komentar temen2 gw pas gw tanya “dah pernah dgr pantai kuta Lombok lo?”

Saking ga terkenalnya or juga karna promosi yang kurang kalii ya. Tapi nada-nada “melecehkan” tadi berubah ketika gw dgn nada yg serius n meyakinkannya (bergaya bak seorang promo tour or guide profesional ;p) menjelaskan keberadaan pantai disebelah selatan pulau Lombok itu.

Ok deh, buat temen2 yg pengen tau apa n gimana sih pantai kuta Lombok itu, boleh dong gw sedikit bercerita disini :) Paling ngga besok2 ktka gw menyebutkan “pantai Kuta”, orang-orang yang mendengarnya bisa berkomentar “ooo…iya gw tau” or malahan “iya gw dah pernah kesono” :)

Mendengar nama Pantai Kuta (baca: Kute), pikiran semua orang pasti langsung terbang pada pantai dengan di pulau dewata Bali yang sangat masyhur itu. Tidak banyak orang dr luar Lombok yang tahu bahwa di Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai yang sangat indah yang bernama sama yaitu Kuta.

Berjarak sekitar +- 60km dr ibukota propinsi NTB Mataram perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari bandar udara Selaparang Mataram sampai ke Pantai Kuta. Biasanya sih kalo mau k Kuta para wisatawan tidak menggunakan public transport. Biasanya menyewa mobil atau motor. Perjalanan anda tidak akan membosankan karena disepanjang jalan anda akan menikmati indahnya pulau Lombok dengan sawah yang menghijau, panorama gunung yang tampak dari kejauhan, cidomo (alat transportasi khas Lombok semacam delman.

scenery1

scenery2

cidomo

Sebelum memasuki daerah Pantai Kuta, anda juga dapat mampir kesebuah desa tradisional suku sasak (suku asli Lombok). Namanya Desa Sade. Sebuah perkampungan kecil dimana masyarakatnya masih hidup secara tradisional. Mereka masih menggantungkan hidupnya dengan bertani, bercocok tanam ataupun membuat kerajinan tangan seperti kain songket, dll. Rumah-rumahnya pun masih terbuat dari bahan kayu dan beratapkan rumbia . Juga dapat kita saksikan rumah lumbung yaitu tempat dmana masyarakat desa menyimpan hasil ladang mereka. Salah satu fakta yang menarik adalah bahwa mereka terbiasa mengepel lantai rumah mereka menggunakan (maaf) kotoran kerbau. Hiii…… aneh kan? :D tapi jgn khawatir, aromanya gak tercium kok hehehe

desa saderumah lumbung

lanjut perjalanannya

ga sampe 15 menit kita akan memasuki daerah pantai Kuta. Suguhan pantai terbentang dengan ciri khas pasir putih, batu-batu karang dan birunya air laut langsung memanjakan mata. Pantai yang landai dan panjang namun tanpa nyiur di pinggiran pantai seperti pantai-pantai pada umumnya.

kuta1kuta2

Tuch kan, bener ada Kuta Lombok… :D

Bener-bener Maha Agung Sang Pencipta, bukan? :)

Kalo udah pernah k pantai Kuta di Bali, kamu pasti kaget coz pantai ini ga kalah indahnya (malahan mnrt gw n bbrp tmn yg udah gw “guide”in smua sepakat Kuta Lombok lbh indah dr Kuta Bali) tapi anehnya kok sepi banget, ga seperti d Bali sana yang sllu rame n crowded. yah maklumlahh…promosinya masih kurang. Even udah masuk list campaignya Visit Indonesian Year aja masih gtu-gtu aja.

Setelah puas menikmati panorama pantai kuta (jalan2 dpantai, main air, duduk2 or pastinya poto2), perjalanan kita lanjutkan lagi. Berlanjut kearah timur kita akan menuju pantai tanjung Aan. Pantai yang juga eksotis dan tidak kalah indahnya dari pantai Kuta. Sebelum kita memasuki Tanjung Aan kita akan melewati bundaran Pintu masuk Hotel Novotel Coralia Lombok. Sebuah Hotel bertingkat internasional (kalo ga salah sih 4 star). Setelah melewati bundaran tersebut kira-kira 2 km kita akan sampai ke Pantai Tanjung Aan (baca: An).

Pantai dengan butiran pasir putih yang khas (berbentuk seperti merica), dan air laut yang nampak berwarna warni dari hijau, biru muda dan biru tua saya yakin akan membuat anda terkesima oleh keindahannya. Dengan sebuah bukit kecil dimana bagian atas bukit tersebut memiliki rerumputan (biasanya menjadi favorit spot para wisatawan untuk menikmati pantai dari atas dan juga pastinya foto-foto) menambah kesempurnaan panorama pantai tanjung Aan. Oiya, anda akan merasa berbeda ketika berjalan diatas pasir pantainya.Dengan teskstur pasir pantai yang seperti merica, kaki anda akan terasa seperti melewati lumpur hisap karena pasir seolah-olah akan “menelan” kaki anda.

tanjung aan1

stuckedthe sand

kuta3 (tampak atas)

tanjung aan1tanjung aan2tanjung aan3tanjung aan4

en ini panoramanya

panorama kuta lombok

Cerita lain dari pantai Kuta adalah legenda “Bau Nyale”. (klo mau tau legendanya baca aja di link berikut http://melayuonline.com/culture/?a=b1ZSei9zVEkvUXZ5bEpwRnNx=&l=putri-mandalika-asal-mula-upacara-bau-nyale)

oh iya, gw saranin kalo jalan2 kkuta jangan lupa persiapan logistik (makanan, jajan n minuman) yang banyak, soalnya d tanjung Aan g ada yg jualan. Kalo di Kuta nya sih masih mending. Masih ada warung-warung n penjual makanan gtu. N buat elo-elo yg ga tahan panas n takut item jgn lupa pake sunblock yg banyak coz panas bgt n ga ada pohon untuk berteduh dipinggir pantai. Trus untuk elo-elo yang berminat menginap jangan khawatir karna slaen Novotel td, byk kok homestay2 or hotel2 kecil yang mnrt gw lumayan juga apalagi buat backpacker ;)

Buat gw, Pantai Kuta merupakan salah satu lokasi wisata yang harus dikunjungi kalo k lombok.

Masih byk lokasi-lokasi laennya yg akan gw critain d lain waktu…halahhh ;p

Cintai bumi !!! :)


TAGS   Kuta Lombok / pantai kuta lombok / kuta lombok beach /